Jumat, 27 Juli 2012

Telkomsel Siaga, Siap Layani Lonjakan Traffik Data Lebaran dengan penambahan 3500 BTS 3G



Menyambut Lebaran 1433 H ini Telkomsel fokus untuk melayani kebutuhan pelanggan terhadap akses komunikasi terbaik melalui persiapan, penambahan kapasitas dan monitoring kualitas jaringan. Sadari maraknya gaya hidup digital, Telkomsel menambahkan BTS 3G total 3.557 di seluruh Indonesia. Selain mengedepankan jaminan kualitas terhandal, Telkomsel juga menghadirkan produk khusus Ramadhan KartuAS dan simPATI dengan fitur dan layanan yang sangat unik.

Jakarta, 25 Juli 2012,

Lebaran menjadi momentum yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia, akses komunikasi selular menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dari tahun ke tahun trafik SMS, suara, data maupun MMS mengalami peningkatan yang signifikan di atas 30% pada tahun 2011. Sepanjang perayaan lebaran tahun 2012 Telkomsel telah siap melayani lonjakan traffic yang diprediksi akan terjadi menjelang Lebaran maupun pada saat hari ‘H’ Lebaran.
 

ki-ka: Irlamsyah syam (Head of Marketing Communication Group), Marcela Dewi (head of Loyalty and Lifestyle Marketing Group), Hendry Mulya Syam (Head of Network Service and Quality Group Telkomsel), Ricardo Indra (Pj Head of Corporate Communications Grup) saat memperkenalkan program Telkomsel Siaga di Jakarta, rabu (25/7)

Tim IT Operation serius mengamati traffic jaringan Telkomsel pada traffic control screen di ruang IT Operation Centre Monitoring untuk mengantisipasi lonjakan pengguna saat ramadhan dan lebaran 2012

Hendri Mulia Syam (Head of Network Service and Quality Group Telkomsel) memberikan penjelasan mengenai persiapanTelkomsel dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah 
Hendri Mulia Syam (Head of Network Service and Quality Group Telkomsel) memberikan penjelasan mengenai persiapanTelkomsel dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah


Head of Network Services and Quality Group Telkomsel yang juga selaku Operation Commander Telkomsel Siaga 2012, Hendry Mulya Syam menuturkan, ”Merupakan komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan yang terbaik,  khususnya dalam mengantisipasi lonjakan trafik Lebaran, kami melakukan penambahan kapasitas jaringan, pada HLR, VLR, IN, SMS Center, jumlah MSC dan lain sebagainya. Upaya ini merupakan komitmen Telkomsel untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia agar tetap nyaman selama bulan Ramadhan dan Lebaran.”

Dalam rangka melayani lebih dari 110 juta pelanggannya, Telkomsel menambah BTS hingga saat ini berjumlah lebih dari 49.000, termasuk penambahan 3.557 BTS 3G (BTS node B) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia dengan bandwith 23 Gbps (Giga bit per second) untuk kenyamanan mobile Broadband communication. Hal ini dilakukan Telkomsel karena histori trafik data melonjak tinggi dari tahun 2010 ke tahun 2011, dari 41 terabyte ke 101 terabyte. Lebaran tahun ini, diperkirakan trafik akses data menjadi 160 terabyte. Total BTS 3G Telkomsel di seluruh Indonesia adalah 12.795 buah.

Kemampuan handling  pelanggan VLR (Visitor Location Register) juga ditingkatkan menjadi 207 juta, dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik
35-45 %. Jumlah kapasitas Home Location Register (HLR) tahun 2012 adalah 295,9 juta subscribers, meningkat dari Lebaran 2011 yang sebesar 282 juta subscribers.

Sebagai stasiun yang mengkoordinasikan beberapa BTS sekaligus, jumlah BSC (Base Station Controller) ditingkatkan menjadi 580 BSC (High Capacity) dan 107 RNC (RadioNetwork Controller). Dengan peningkatan kapasitas IN (Intelligent Network)  menjadi 173,5 juta subscribers, tentu saja  akan meningkatkan kenyamanan pelanggan kartu prabayar.  

Kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 104.400 SMS/detik di tahun 2012, dibanding tahun lalu yang kapasitanya tercatat  83.750 SMS/detik. Kapasitas SGSN & GGSN ditambah menjadi 31  SGSN dan 11 GGSN (tahun 2011 terdapat 26 SGSN dan 9 GGSN).untuk menunjang penggunaan jaringan data packet switch.

Terlampir tabel proyeksi Trafik Layanan Telkomsel saat Lebaran 2012, dan  peningkatan kapasitas jaringan Telkomsel :


Proyeksi Trafik Layanan Telkomsel saat Lebaran 2012
Layanan
Trafik Lebaran 2011
Trafik Hari Normal 2012
Proyeksi Trafik Lebaran 2012
SMS
1,2 miliar SMS
890 Juta SMS
1,1 Milyar SMS
MMS
2,23 juta MMS
1,2 Juta MMS
2,1 Juta MMS
Suara
1,03 miliar menit
1,08 milyar menit
1,15 Milyar menit
Data
101 terabyte
130 Terabyte
160 Terabyte
BlackBerry Services
2,3 Gbps
5,5 Gbps
7,0 Gbps


Peningkatan Kapasitas Jaringan Telkomsel Jelang Lebaran 2012
Network Element
Capacity 2011
Capacity 2012
BTS (Base Tranceiver Station)
31,807
36.420 Nodes
Node-B (BTS 3G)
9.238 Nodes
12.795 Nodes
VLR (Visitor Location Register)
185 Juta Subscriber
207 Juta Subscriber
MSC (Mobile Switching Center)
318 Nodes
321 Nodes
HLR (Home Location Register)
282 Juta Subscriber
295,9 Juta Subscriber
BSC (Base Station Controller)
837 Nodes
580 Nodes
RNC (Radio Network Controller)
98 Nodes
107 Nodes
IN (Intelligent Network)
151 Juta Subscriber
173,5 Juta Subscriber
SMSC (Short Message Service Center)
83.750 sms/detik
104400 sms/detik
Internet Services
15 Gbps
20 Gbps
Blackberry Services
2,8 Gbps
8 Gbps
SGSN (Serving GPRS Support Node)
26 Nodes
31 Nodes
GGSN (Gateway GPRS Support Node)
9 Nodes
11 Nodes





Selain itu, di bulan Ramadhan tahun ini Telkomsel menghadirkan kartu perdana simPATI yang disertai dengan beragam paket menarik mulai dari Paket Flash Ultima, Paket Download-an Sahur, dan Paket promo OperaMini, Whatsapp dan LINE. Layanan ini khusus diberikan kepada pelanggan agar lebih mudah, nyaman dan hemat untuk memenuhi kebutuhan akses komunikasi dan layanan data selama bulan Ramadhan. Dengan simPATI pelanggan mendapatkan aplikasi  dan diskon menarik selama bulan Ramadhan.  Diantaranya, aplikasi love Indonesia dan pembelian e-book melalui aplikasi Scoop yang transaksinya menggunakan T-Cash. Untuk informasi dan aplikasi menarik lainnya, bisa mengunjungi R-Appz (Ramadhan Applications) dengan mengakses *999#.

KartuAs menghadirkan konten Islami dan juga games seru untuk memeriahkan suasana Bulan Ramadhan. Untuk menikmati asyiknya ragam konten tersebut, pelanggan cukup mengakses *100# dari ponsel. Promo GRATIS 100 kali lipat untuk nelpon dan SMS ke sesama pelanggan Telkomsel serta online dan chatting,  langsung didapat setelah pelanggan melakukan aktivitas nelpon ke sesama pelanggan Telkomsel atau SMS ke semua operator hingga mencapai jumlah total pemakaian tertentu dan berlaku antara pukul 00.00 hingga 05.59. Dapatkan juga pulsa gratis puluhan kali lipat untuk pemakaian antara pukul 06.00 hingga 23.59.

Tahun ini Telkomsel menyenggarakan mudik bersama dengan moda transportasi Bus, Kereta Api dan Pesawat yang diperuntukkan bagi frontliner dan pelanggan setia Telkomsel. Di sepanjang jalur mudik, Telkomsel menempatkan Outlet Siaga yang siap melayani kebutuhan pelanggan dalam mendapatkan produk Telkomsel.

Telkomsel berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terdepan dengan kualitas yang handal dan terpercaya dalam situasi apapun. Kenyamanan pelanggan dalam menikmati program dan produk Telkomsel merupakan motivasi Telkomsel untuk berkarya bagi masyarakat dan bangsa Indoenesia. Mendukung gaya hidup di era digital dan lesscash society serta memandu industri terlekomunikasi seluler di Indonesia. Telkomsel Paling Indonesia. 


                                                  
Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 49.000 BTS yang menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 7 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 110 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel sedang mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel telah memiliki 430 pusat layanan di seluruh Indonesia dan call center 24 jam



Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Ricardo Indra – Head of Corporate Communications Division Telkomsel
kartuHALO/email: 08118708090/ricardo_indra@telkomsel.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar